Inilah Gejala Penyakit Hernia yang Harus Anda Ketahui

Gejala Penyakit Hernia

Gejala Hernia

Hernia atau yang lebih dikenal dengan istilah turun berok merupakan penyakit yang cenderung lebih menyerang pria. Tetapi, tidak sedikit wanita yang juga terkena penyakit ini. Meski sering terdengar di telinga dan sering disebut-sebut, tetapi tak semua orang mengetahui apa sejatinya penyakit hernia itu. Apabila dilihat dari asal mula penyakitnya, hernia merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya pembengkakan di otot serta tendon perut.

Otot tendon memiliki fungsi yaitu melindungi isi perut. Apabila seseorang menderita hernia, maka bagian perutnya akan mengalami pembengkakan yang diikuti rasa sakit. Dengan mengetahui dan mengenali tanda-tanda atau gejala hernia sedini mungkin, maka penanganannya pun akan lebih tanggap dan cepat dilakukan. 

Berikut tanda-tanda atau gejala hernia yang harus diketahui:

  • Bengkak

Secara umum, jika seseorang terkena hernia akan mengalami gejala seperti pembengkakan di sekitar perut, sejenis benjolan kecil. Apabila perut anda terlihat lebih besar karena benjolan, maka berhati-hatilah dan secepatnya periksakan diri pada dokter.

  • Sakit perut

Apabila perut anda terasa sakit atau perih sehingga menimbulkan rasa nyeri yang tidak wajar, ada kemungkinan itu merupakan suatu tanda atau gejala awal hernia.

  • Masalah pencernaan

Hernia juga bisa menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan. Sakit perut, sembelit, sulit mencerna makanan dan lain sebagainya merupakan gejal yang paling umum terjadi kepada mereka yang terkena hernia.

  • Sakit pada selangkangan

Pasien hernia inguinalis ataupun femoralis biasanya akan mengalami gejala rasa nyeri di sekitar selangkangan. Bagi pria, hernia juga dapat menimbulkan buah zakar menjadi turun.

  • Nyeri saraf

Hernia bisa menimbulkan rasa nyeri serta perih di beberapa bagian tubuh. seperti, pasien hernia inguinalis akan merasakan sakit di saraf kaki dan skrotum untuk pria. Bagi pasien wanita, rasa sakit akan dirasakan di saraf labia.

Penyebab Hernia Inguinalis

- Peningkatan tekanan pada rongga perut atau intra abdomen

- Titik lemah yang telah ada pada dinding perut

- Kombinasi kedua hal di atas.

- Keseringan mengangkat beban yang terlalu berat

- Kehamilan

- Obesitas atau berat badan berlebih

- Bersin atau batuk yang kronis

- Adanya cairan pada perut yang menekan

- Mengejan terlalu kuat pada saat buang air kecil atau buang air besar.

Mengenal serta mengetahui gejala hernia akan mengarahkan anda harus berbuat apa selanjutnya dan mengetahui penyebab dari hernia akan membuat anda selalu berhati-hati. Sekian, semoga membantu.